idwebhost

Minggu, 20 November 2011

Cara Mengatasi NTLDR is missing Pada Windows XP

Share it Please


Ada sms pagi-pagi dari kawan, isinya "Tolong komputerku gak mau hidup, cuma keluar pesan NTLDR is missing dan gak mau masuk ke Windows". Hyaaahhh.... sambil menghela nafas... Sebenarnya saya paling gak suka benerin komputer - software sistem oprasi ataupun bongkar-bongkar hardware, walaupun saya orang IT, jika komputer atau laptop bermasalah saya malah suruh kawan lain yang membetulkannya, hehehe... Karena yang lebih menantang dan menyenangkan adalah desain grafis dan fotografi, itu yang sebenarnya tujuan saya, hehehe...

Tapi apa boleh buat, karena kawan yang menyuruh akhirnya CPUnya saya bawa ke rumah dan langsung ceking-ceking beberapa saat (bongkar pasang hardware & membersihkannya, setting BIOS) tapi tetap muncul “NTLDR is missing Press Ctrl Alt Del to restart”. Rasa jengkel muncul dan kepengen langsung Format C saja, tapi saya coba untuk meRepairnya dengan CD Bootable Windows XP, misinya mengcopy file ntldr dari CD Windows ke drive C pada komputer. Jika ada kawan yang belum paham saya akan sedikit jelaskan:

1. Anda harus punya CD Instaler / Bootable Windows XP
2. Masukkan CD Instaler tersebut ke CD Room /DVD Room
3. Seting BIOS supaya Booting pertama adalah membaca CD Drive
4. Jika sudah masuk ke setup menu anda tekan R untuk meRepair windows
5. Akan muncul pertanyaan Systema mana yang akan anda perbaiki? Pilihan nomor 1 dan enter
6. Anda akan ditanya User & Password administrator komputer, silahkan diisi, jika anda tidak pernah memberi password admin maka anda tinggal enter saja
7. Sekarang saatnya mencopy NTLDR dan NTDETECT.COM dari CD installer. Anda harus tau nama drive CD/DVD anda, misalkan di Drive E maka :
copy E:\i386\ntldr C:\
copy E:\i386\ntdetect.com C:\
8. Restart komputer anda.

Permasalahan NTLDR is missing Pada Windows XP karena beberapa sebab, bisa saja pada BIOS, Hardware & pemasangannya, Bad Sector, dan juga karena Virus. Pada komputer teman saya biangkeroknya adalah Virus, karena stelah saya scan terdapat ratusan Virus yang menghuninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

free counters
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net